Pentingnya Imunisasi Untuk Si Kecil

Oleh : dr. Alfa Matrika Sapta Dewanti, S.Ked

Setiap manusia sudah memiliki sistem kekebalan tubuh (imunitas) sejak masih dalam kandungan sebagai pelindung tubuh terhadap penyakit. Namun, bayi belum memiliki sistem imun yang baik dan kuat seperti sistem imun orang dewasa sehingga mereka akan lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, setiap bayi perlu mendapat imunisasi sejak  lahir.

Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Imunisasi membantu sistem imun untuk memproduksi antibodi khusus yang berfungsi melawan jenis penyakit tertentu. Vaksin mengandung kuman penyakit yang telah dilemahkan. Setelah masuk ke dalam tubuh, kuman tersebut tidak akan menyebabkan penyakit namun akan membuat sistem imun anak mengenali dan mengingatnya sebagai ancaman. Kemudian sistem imun akan membentuk antibodi yang bekerja secara spesifik melawan jenis kuman tersebut. Jadi, pada saat kuman yang aktif menginfeksi tubuh anak, sistem imun anak telah siap melawan kuman dengan antibodi khusus tersebut.

Imunisasi tidak sepenuhnya 100% efektif untuk mencegah penyakit. Namun, imunisasai akan besar manfaatnya apabila anak terinfeksi penyakit tertentu, gejala yang dialami akan jauh lebih ringan daripada anak yang tidak diimunisasi sama sekali. Apabila anak tidak diimunisasi, mereka juga akan mempunyai risiko lebih tinggi untuk terkena komplikasi. Di Indonesia, terdapat 5 jenis imunisasai dasar yang wajib dilakukan oleh bayi di bawah satu tahun. Lima imunisasi wajib ini adalah vaksin hepatitis B, vaksin polio, vaksin TBC (BCG), vaksin campak, dan vaksin kombinasi (pentavalen DPT-HB-HiB). Masing-masing vaksin tersebut berfungsi untuk mencegah anak terkena penyakit polio, campak, tuberkulosis (TBC), difteri, pertusis atau batuk rejan, tetanus, dan hepatitis B. Selain imunisasi yang sifatnya wajib, terdapat pula imunisasi tambahan yang dapat diberikan, antara lain vaksin MR, vaksin Hepatitis A, vaksin influenza dan vaksin PCV.

Klinik Utama BHCC menyediakan fasilitas poliklinik anak yang bekerja sama dengan program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan sehingga para ibu yang ingin berkonsultasi mengenai vaksin maupun untuk mendapatkan pelayanan kesehatan anak dapat berkunjung ke klinik kami.