OSTEOARTHRITIS SERING MENYERANG SEIRING BERTAMBAHNYA USIA

November 11, 2018

Oleh : dr. Alfa Matrika Sapta D, S.Ked

Osteoarthritis adalah sebuah penyakit yang menimbulkan keluhan sendi terasa nyeri dan kaku yang terjadi pada lutut, paha dan tulang belakang. Terkadang juga dapat terjadi pada sendi di tangan. Pada kondisi tersebut, tulang rawan tidak dapat lagi menjadi bantal, sehingga kedua tulang akan bergesekan saat ketika bergerak, sehingga menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri. Osteoarthritis sering terjadi pada usia di atas 70 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda yang memiliki kelebihan berat badan.

Penyebab osteoarthritis antara lain proses penuaan, trauma, obesitas, dan genetik. Gejala awal dapat berupa rasa nyeri. Biasanya diperburuk dengan olahraga dan membaik dengan istirahat. Seiring berjalannya waktu, pergerakan menjadi terbatas dan sendi menjadi lebih kaku. Kekakuan ini terjadi pagi hari namun semakin menghilang setelah banyak bergerak dan sendi memanas. Jika pengapuran sendi semakin memburuk, sendi menjadi nyeri dan tidak dapat ditekuk. Penderita akan mengalami krepitasi saat bergerak.

Harap segera berkonsultasi kepada dokter jika sendi terasa nyeri dan kaku dan tidak membaik dalam beberapa minggu. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi osteoarthritis antara lain : mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter, fisioterapi untuk memepertahankan kekuatan dan fleksibilitas otot, melakukan jalan-jalan ringan, atau menggunakan alat bantu jalan seperti tongkat untuk mengurangi beban lutut saat berjalan.

error: Content is protected !!