JERAWAT MENGGANGGU PENAMPILAN

October 20, 2018

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi pada berbagai kalangan usia. Sebagian besar jerawat terjadi pada masa pubertas yaitu pada remaja usia 10-13 tahun. Hal tersebut semakin diperparah dengan kondisi kulit yang berminyak. Pada remaja umumnya jerawat akan menghilang dengan sendirinya pada usia 20 tahun. Namun, beberapa kasus tidak menutup kemungkinan masih mengalami jerawta pada usia 30 tahun. Orang-orang yang berjerawat akan merasa penampilan menjadi terganggu dan tidak percaya diri.

Jerawat dapat tumbuh hampir di seluruh bagian tubuh. Pada umumnya jerawat muncul pada wajah, leher, bahu, punggung dan dada. Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jerawat antara lain :

– produksi sebum berlebih oleh kelenjar minyak

– sumbatan pada folikel rambut yang terjadi akibat tumpukan dari sel kulit mati dan sebum.

– bakteri yang menyumbat folikel rambut dan menimbulkan peradangan.

– aktivitas hormon androgen yang berlebih.

Faktor risiko yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami jerawat yaitu masa pubertas yang menyebabkan hormon testosterone meningkat, perubahan hormon pada wanita ketika menjelang menstruasi, stress dan penggunaan kosmetik tertentu.  Penanganan jerawat itu sendiri biasanya dilakukan dengan mengontrol kelembapan dan kadar minyak di wajah. Dokter biasanya akan merekomendasikan penggunaan obat oles atau topikal.

Posted in News by BHCC Clinic | Tags: ,
error: Content is protected !!