Mengobati Nyeri Pinggang dengan Terapi Akupuntur

Banyak orang pernah mengalami sakit pinggang, terkadang disebabkan oleh kecapaian yang menjadikan salah satu penyebab orang mengalami hal tersebut dan banyak pula yang tidak serius memperhatikan keluhan tersebut. Ahli Orthopedi mengatakan bahwa nyeri pinggang bukanlah suatu permasalahan kecil dan harus diperhatikan karena nyeri pinggang merupakan salah satu peringatan kepada kita akan tubuh kita yang bermasalah, jikalau tidak cepat mengobati keluhan tersebut, bisa menyebabkan nyeri pinggang bertambah parah bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan pada pasien.

Nyeri pinggang disebabkan oleh berbagai alasan yang menyebabkan tulang belakang di bagian pinggang dan ligament pada otot punggung terluka yang menjadikan salah satu penyebab umum pada penderita otot pinggang. Ciri-ciri klinis yang muncul pada nyeri pinggang, ketika penderita terbatas dalam melakukan gerakan tertentu, sakit ketika ditekan pada daerah pinggang, terlalu banyak berdiri maupun duduk atau terlalu sering mengangkat barang berat.

Nyeri punggung bawah dapat diklasifikasikan oleh durasi gejala sebagai akut (kurang dari 4 minggu), sub akut (4-12 minggu), kronis (lebih dari 12 minggu). Menurut pengobatan tradisional cina (TCM) nyeri pinggang terdiri dari beberapa jenis seperti berikut:

  1. Sakit pinggang yang memiliki sifat dingin dan lembab
    Ciri-ciri: Nyeri punggung bagian bawah terasa berat bahkan bisa terasa sakit pada bagian pinggul, tidak bisa dibelokkan ke kiri ataupun ke kanan serta terasa sakit ketika berada di cuaca hujan ataupun ruangan tempat dingin.
  2. Sakit pinggang yang bersifat lembab dan panas
    Ciri-ciri: Daerah pada tempat yang sakit terasa panas, nyeri terasa berat atau bertambah parah ketika berada di cuaca panas maupun hujan. Nyeri terasa ringan setelah melakukan aktifitas.
  3. Sakit pinggang dengan sifat penyumbatan darah.
    Ciri-ciri : pernah mengalami sejarah cedera pada punggung bawah, sakit nya seperti tertusuk, terasa sakit ketika ditekan bahkan pasien menolak untuk ditekan , nyeri terasa ringan pada siang hari dan bertambah nyeri pada malam hari.
  4. Sakit pinggang dengan sifat melemahnya fungsi ginjal.
    Ciri-ciri: terasa ngilu dan nyeri pada pinggang, menyukai untuk dipijat, akan terasa nyeri ketika kecapaian, kedua lutut terasa tidak bertenaga.

Pengobatan akupuntur untuk keluhan nyeri pinggang memiliki hasil yang memuaskan. Terapi akupuntur untuk keluhan nyeri pinggang dapat dilakukan dengan melakukan cupping /bekam/ kop pada daerah tempat yang sakit serta dapat dilakukan dengan sedikit pengeluaran darah. Jikalau praktisi akupunturis memeriksa pada daerah nyeri pinggang terdapat penyumbatan darah maka akan dilakukan penusukkan dengan menggunakan jarum akupuntur pada bagian pinggang tersebut yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di tempat yang sakit, merangsang saraf pinggang serta melemaskan otot pinggang.

Terapi alternatif lainnya pun dapat dilakukkan aurikularis akupresur/ akupuntur telinga yaitu terapis akan menempelkan sticker akupresur pada telinga yang disesuaikan pada titik nyeri pinggang serta pasien dianjutkan untuk melakukan pemijatan sendiri dengan menekan ataupun memijat pada titik nyeri yang telah ditempeli sticker oleh akupunturis.

Tags: